Sabtu, 12 Oktober 2019

Software Canggih untuk Operator Layar : vMix


Halo sobat alfatutorial !

Sebagai mahasiswa yang di kampus cukup aktif dalam bidang kreatif (publikasi dokumentasi desain), admin sering banget terlibat dalam suatu kepanitiaan yang pastinya bersinggungan dengan proses pembuatan dan penampilan konten-konten layar untuk suatu acara. Pengalaman tersebut membuat admin tahu suatu software yang sangat ajaib banget buat ngebantu kita-kita para operator layar dalam suatu kepanitiaan.

Admin masih sering liat panitia suatu acara yang lumayan besar, tapi operator konten layarnya masih hanya menggunakan fitur extend di windows di mana kita harus mendrag video/presentasi(ppt)/gambar yang ingin kita tampilkan di layar ke extended desktop yang terhubung ke layar proyektor. Hal tersebut sebenarnya tidak salah, namun terlihat kurang indah aja hehe, karena akan memakan sedikit waktu untuk mendrag video yang telah dibuka di video player ke extended desktop, kemudian masih harus mengklik tombol play/menekan spacebar untuk memutar videonya. Belum lagi, jika dari video tersebut kita harus cepat langsung pindah ke Power Point untuk menampilkan suatu materi presentasi. Akan terasa kurang indah dan profesional jika hanya menggunakan fitur extend desktop. Apalagi misal untuk acara-acara yang cukup besar di kampus.

Maka dari itu, admin akan bagi2 suatu software lagi yang pastinya akan sangat berguna bagi kamu yang sering jadi operator layar.

Nama softwarenya adalah vMix. vMix merupakan suatu software visual mixer, yaitu sebuah software yang berperan sebagai mixer atau pengatur konten-konten yang akan ditampilkan di layar. Lebih jelasnya, di dalam vMix ini, kita akan menginput konten-konten apa saja yang akan kita tampilkan di layar, lalu konten tersebut akan kita susun dan bisa kita klik untuk langsung muncul di layar. Jadi tidak perlu men-drag kontennya lagi.


Gambar di atas merupakan gambar interface dari vMix. Berikut admin jelasin bagian per bagiannya :

- Panel besar di sebelah atas kanan adalah panel untuk konten yang sedang live/ditampilkan di layar.
- Sedangkan panel besar di sebelah atas kiri adalah panel untuk konten yang sedang dihold, atau sedang menunggu untuk ditampilkan berikutnya.
- Kemudian panel-panel kecil di sebelah kiri bawah adalah daftar konten-konten yang telah kita input untuk kita tampilkan ke layar.

Jadi mekanismenya, setelah kita input semua konten yang ingin kita tampilkan, semua konten tersebut akan muncul menjadi panel-panel kecil tersebut. Kemudian jika kita ingin menampilkan suatu konten, kita tinggal klik konten tersebut di panel daftar konten, sehingga konten tersebut akan muncul di panel besar oranye atas kiri. Kemudian, kita tinggal klik satu dari beberapa efek yang berada di tengah-tengah (Ada efek fade, dip to black, dll), yang merupakan efek untuk menukar konten di panel hijau dengan panel oranye. Sehingga konten yang ada di panel antrean bisa tampil ke panel yang ditampilkan di layar. Dan konten yang berada di panel hijau akan otomatis terputar jika itu video. Mudah bukan? Yang pasti kita tidak perlu mendrag konten video dan fotonya.

Ohiya, hebatnya vMix ini juga adalah dia bisa membuka file .pptx atau file presentasi power point. Sehingga, apabila kita harus menampilkan file presentasi di sela-sela konten video, kita bisa langsung input file .pptx tersebut ke vMix. Jadi kita tidak perlu membuka power point. File presentasinya pun bisa kita slideshow seperti pada power point, sehinggga tidak akan jadi masalah.

Tapi ada kabar buruknya nih.. vMix ini software berbayar :( dan harganya lumayan mahal. Bagi kalian yang ingin mencoba, kalian bisa download free trial 60 hari di web resmi vMix :


Kalau kalian ingin versi fullnya tapi versi pak tani alias gretong, mungkin kalian bisa cari di kuyhaa atau bagas31 yaa.. selamat mencari..
Terima kasih, semoga artikel ini membantu..

TAGS :
#vMix #vMixFullVersion
Share:

1 komentar:

Anda Pengunjung Ke

Featured post

Whatsapp Bulk Message : Aplikasi Untuk Whatsapp Blast ke Banyak Kontak (100% Works)

 Halo Kawan Alfatutorial! Nggak kerasa ya kalau hari ini udah tahun 2021 aja, padahal di 2020 Alfatutorial baru sedikit ngepost. Pada kesemp...

Diberdayakan oleh Blogger.

Live Traffic

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive