Sabtu, 01 Februari 2020

Shortcut Keyboard di Windows agar Kerja Cepat Seperti Keyboard Ninja!


Halo kawan alfatutorial! Kembali lagi bersama admin hehe.
Pernah gak sih kalian lihat teman kalian yang jago komputer cepat banget dalam mengoperasikan komputer? Misal dia bisa menutup aplikasi, buka windows explorer, kebali ke desktop tanpa megang mouse sama sekali. Keren gak sih?! Cara dia bekerja jadi terlihat was wus was wus, cepet banget tanpa menyentuh mouse atau touchpad. Mungkin ada dari kalian penasaran tapi malu-malu buat nanya gimana caranya bisa bekerja secepat itu. Tenang aja, admin di sini akan bagi-bagi triknya!

Windows Keyboard Shortcut!

Itulah tipsnya agar kita bisa bekerja cepat tanpa menyentuh mouse sama sekali. Karena menurut admin, menggunakan keyboard shortcut memangkas waktu yang lumayan signifikan daripada menggunakan mouse. Admin contohkan yang paling dasar, misal kita ingin berganti aplikasi dari Microsoft Office ke Mozilla Firefox. Daripada kita menggerakkan kursor ke arah taskbar di bawah untuk mengklik icon Firefox, kita bisa langsung saja menekan tombol Alt + Tab di keyboard sehingga aplikasinya akan langsung berganti. Admin akan coba rangkum beberapa Keyboard Shortcut di Windows yang menurut admin akan berguna banget.

1. Berganti aplikasi secara cepat ( alt + tab )


Mungkin shortcut ini sudah banyak kita ketahui dan sudah sering kita gunakan yaa, karena menghemat waktu banget daripada pakai mous, kita tinggal tekan tombol alt lalu tab untuk berganti aplikasi. Bagi yang masih menggunakan Windows 7, selain menggunakan alt + tab, kalian juga bisa menggunakan (tombol windows) + tab untuk berganti aplikasi dengan animasi yang keren. Kalau di Windows 10, (tombol windows) + tab akan memunculkan semua aplikasi yang sedang berjalan.

2. Menutup aplikasi secara cepat ( alt + f4 )


Shortcut yang satu ini juga mungkin sudah banyak yang tahu ya. Daripada menggerakkan kursor ke arah icon x di pojok kanan atas, kita bisa langsung menekan shortcut alt + f4 untuk menutup aplikasi yang sedang kita gunakan. Shortcut ini juga bisa digunakan untuk menshutdown komputer loh, untuk melakukannya kita harus berada di Desktop, lalu tekan shortcut ini. Maka akan tersedia pilihan untuk shutdown/restart/sleep komputer kalian.

3. Membuka Library/Windows Explorer ( tombol windows + E )




Admin suka banget nih pakai shortcut yang satu ini. Soalnya cepet banget. Tinggal pakai shortcut ini, libray/windows explorer akan langsung terbuka.

4. Kembali ke desktop ( tombol windows + D )

 
Bisa jadi, ketika kamu sedang membuka suatu aplikasi, kamu ingin kembali ke Desktop untuk membuka aplikasi lain yang ada di desktop, atau ingin mengambil file yang disimpan di desktop. Cara normal untuk mengakses desktop bisa dengan cara me-minimize aplikasi yang sedang berjalan atau dengan mengklik kotak bening di pojok kanan bawah taskbar. Daripada menggunakan kedua cara tersebut, kita bisa langsung menggunakan shortcut di atas agar cepat.

5. Membuka Windows Task Manager ( ctrl + shift +esc )


Ketika PC kita nge-hang, kita terkadang langsung memencet tombol Ctrl + alt + delete di keyboard untuk memunculkan pilihan Task Manager dan mengkliknya. Daripada menekan shortcut tersebut, kalian bisa langsung menggunakan shortcut untuk langsung membuka Task Manager dengan menekan Ctrl + shift + esc.

6.Melihat Properties dari suatu file ( alt + enter )


Terkadang kita penasaran ingin melihat berapa sih size dari suatu file, atau informasi lain terkait file tersebut, dan cara normalnya adalah klik kanan lalu pilih Properties. Dengan shortcut ini, kalian bisa langsung membuka propertiesnya. Caranya hanya tinggal highlight filenya, bisa menggunakan arrow key ke file tersebut, atau klik kiri sekali di file tersebut, lalu tekan alt + enter.

7. Menghapus file secara permanen ( shift + delete )


Normalnya, jika kita menghapus suatu file (delete), file tersebut akan masuk ke Recycle Bin yang merupakan tempat sampah sementara. Jadi misal kita tidak sengaja menghapus sebuah file, kita bisa mengembalikannya. Namun, dengan menghapus file ke recycle bin, tidak benar-benar menghapus file tersebut dan jika file size nya besar, akan tetap memakan space. Jadi untuk beberapa file yang memang kita yakin sudah tidak kita perlukan, kita bisa langsung mendeletenya secara permanen. Cara normalnya, setelah kita mendelete dan filenya akan berpindah ke Recycle Bin, lalu kita delete lagi file tersebut dari Recycle Bin. Nah daripada melakukan 2x pekerjaan, kita bisa langsung menghapus file tersebut secara permanen (tidak pindah ke Recycle Bin terlebih dahulu, langsung apus) kita bisa menggunakan Shortcut ini.

Berikutnya merupakan keyboard shortcut yang bisa kita gunakan ketika menggunakan browser

8. Membuka & Menutup Tab pada browser ( membuka: ctrl + T / menutup : ctrl + W )


Ini juga menurut admin sangat bermanfaat, agar cepat dalam berselancar di internet, kita bisa langsung menggunakan shortcut ini untuk membuka tab baru serta menutup suatu tab pada browser.

9. Mengembalikan tab yang telah tertutup ( ctrl + shift + T )


Yang satu ini juga favorit admin. Karena terkadang kita tidak sengaja menutup suatu tab pada browser. Daripada mengetik ulang alamat webnya untuk melihat kembali, kita bisa langsung menggunakan shortcut ini. Maka tab yang tertutup tadi akan otomatis terbuka kembali.

10. Membuka tab incognito ( Mozilla Firefox : ctrl + shift + P / Chrome : ctrl + shift + N )


Siapa yang kalau dengar Incognito Mode pikirannya selalu ke hal-hal negatif? Hayo ngaku...
Padahal Incognito fungsinya gak cuma itu loh. Contoh pemakaian Incognito mode salah satunya adalah jika kita ingin mengakses akun pribadi seperti email atau sosial media di komputer umum atau komputer orang lain. Agar tidak terlihat jejaknya, atau agar tidak tersimpan cookies dan cachenya maka kita bisa menggunakan Incognito ini. Nah shortcutnya seperti gambar di atas.

Ayo kita coba shortcut-shortcut di atas agar kita semakin mahir dan cepat dalam mengoperasikan komputer. Menurut admin sendiri, menggunakan keyboard akan lebih cepat dibanding menggunakan mouse. Pelan-pelan kita gunakan shortcut di atas agar terbiasa kedepannya.

TAGS : #ShortcutKeyboard #KeyboardShortcut #WindowsShortcut #KeyboardNinja
Share:

0 Comment:

Posting Komentar

Anda Pengunjung Ke

Featured post

Whatsapp Bulk Message : Aplikasi Untuk Whatsapp Blast ke Banyak Kontak (100% Works)

 Halo Kawan Alfatutorial! Nggak kerasa ya kalau hari ini udah tahun 2021 aja, padahal di 2020 Alfatutorial baru sedikit ngepost. Pada kesemp...

Diberdayakan oleh Blogger.

Live Traffic

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Blog Archive